Satelit Merah Putih milik PT Telkom akan segera diluncurkan

photo by telkom.id
Satelit Merah Putih milik PT Telkom akan segera diluncurkan dengan bantuan roket Falcon 9 milik Elon Musk. Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Direktur Utama PT Telkom Alex J Sinaga telah meninjau satelit ini di SpaceX, Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

"SpaceX akan segera meluncurkan satelit Merah Putih. Harapan saya dan tentunya kita semua adalah, agar roket Falcon 9 dapat sukses membawa satelit tersebut ke slot orbit sehingga Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugasnya dalam menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat indonesia," ujar Menteri Rini.

Satelit ini membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara dan 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan. Pembangunan satelit ini menggunakan bantuan SSL sebagai pabrik pembuat satelit, dan SpaceX sebagai penyedia jasa peluncuran.

"Satelit ini tak hanya akan memancarkan sinyal ke Indonesia, tetapi juga kawasan Asia Selatan. Ini artinya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) makin kencang go internasional membawa nama Indonesia," kata Menteri Rini. Satelit ini sendiri akan meluncur pada tanggal 7 Agustus dan diperkiraka dapat bertahan sampai 21 tahun.

"Telkom 4 diluncurkan tanggal 7 Agustus. Roket itu terdiri dari 3 komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing, semuanya sudah utuh. Satelit sudah berada di dalam roket," terang Zulhelfi Abidin, Direktur Network & IT Solution Telkom kepada media Indonesia di Orlando, Amerika Serikat.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar yang Anda suka

No comments